Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

UPGRADING UKMF SCREEN DI TAMAN SARI YOGYAKARTA

CIMG5602kk

Setelah melaksanakan Rapat Kerja (RAKER) pada hari minggu 17 Februari 2013, berselang dua minggu kemudian pada hari yang sama tanggal 3 Maret 2013, UKMF Penelitian SCREEN mengadakan acara Up-grading pengurus SCREEN 2013. Tujuan dari kegiatan itu sendiri adalah untuk menjalin kekeluargaan dan merekatkan kembali hubungan antar pengurus secara internal agar terjalin kepengurusan yang solid dan saling mendukung satu sama lain dalam melaksanakan program-program kerja yang telah disusun sebelumnya.

Up-grading sendiri bertempat di lokasi wisata Taman Sari Yogyakarta. Serangkaian acara up-grading yang diikuti oleh pengurus SCREEN 2013 melaksanakan tugas dan  tantangan yang diberikan oleh panitia yaitu DPO (Dewan Pengawas ORMAWA) SCREEN.

Masing-masing kelompok yang terdiri dari maksimal tujuh orang mendapatkan tantangan yang berbeda-beda sesuai dengan nomor amplop yang dipilihnya. Screen sebagai organisasi yang bergerak di ranah penelitian jelas selalu berhubungan dengan hal-hal yang berbau penelitian dan mencari masalah untuk dipecahkan. Oleh karena itu tantangan-tantangan yang ada dalam amplop pun tidak akan jauh dari hal tersebut.

Beberapa tantangan yang ada di dalam amplop-amplop yang sudah diberi nomor itu diantaranya, menjual koran, membeli snak ringan lima macam dengan menggunakan uang yang sudah disediakan di dalam amplop dan itu hanya senilai Rp. 2000,00 saja, ada juga tantangan berupa mewawancarai turis internasional yang itu membutuhkan keterampilan berbahasa inggris dan mental yang kuat, dan lain sebagainya. Tantangan itu tak cukup hanya sebatas itu, tapi juga disertai wawancara kepada narasumber yang terlibat misalnya penjual snack, kelompok yang mendapat tugas itu wajib mewawancarai penjual snack lengkap dari mulai identitas sampai permasalahan yang dihadapi selama berjualan dan diakhiri dengan pencarian solusi.

Perjalanan menuju Taman Sari sendiri tidak satu rombongan semua pengurus, melainkan perkelompok dengan cara dibekali sejumlah uang dan dengan uang tersebut mereka harus sampai ke Taman Sari bagaimanapun caranya. Bermodal kebersamaan dan kerja keras semua kelompok pun berhasil sampai ke lokasi dengan sebelumnya menyelesaikan tantangan dengan baik.

Kegiatan itu tidak berhenti disitu melainkan disusul dengan serangkaian acara lain hingga pukul 15.00 Wib yang sebelumnya diberi jeda untuk istirahat, makan dan shalat dzuhur. Setelah semua serangkaian acara telah terlaksana dengan cukup sukses, keluarga SCREEN 2013 pun pulang bersama berjalan kaki menuju Halte Trans. Kebanyakan pengurus merasa puas dengan agenda Up-grading kali ini, karena kekeluargaan di antara pengurung Screen mulai terjalin dengan baik sehingga sebagai pangkal dari kegiatan ini diharapkan akan tercipta kekeluargaan yang saling bekerjasama demi terlaksananya program kerja Screen selama satu tahun ke depan. Sesuai jargon UKMF SCREEN 2013, “ Bersama, Berprestasi, Wujudkan Mimpi”.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 4 =


− 2 = 4