Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

SEJARAH SINGKAT UKMF SCREEN (SOCIAL COMMUNITY OF RESEARCH AND EMPOWERMENT)

 

Backup_of_Backup_of_LOGO SCREEN

 

Sampai dengan tahun 2007, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY (sekarang kembali menjadi FIS) belum memiliki lembaga khusus yang memberdayakan aktivitas penalaran mahasiswa. Apabila diadakan event-event ilmiah, ditangani oleh BEM FISE. Divisi yang menangani acara-acara seperti ini bukanlah divisi permanen, sehingga pelaksanaannya tidak memiliki tujuan jangka panjang.

Iklim semacam  ini tidak menarik bagi  mahasiswa untuk mengikuti kegiatan yang berbasis penalaran. Hal ini menyebabkan partisipasi mahasiswa FISE dalam event-event ilmiah kalah dengan fakultas lain. Kondisi semacam inilah yang membuat pendiri SCREEN mewacanakan pembentukan lembaga khusus yang menangani kegiatan penalaran di FISE. Lahirlah sebuah Badan Semi Otonom (BSO) yang berada di bawah BEM FISE.

Nama BSO SCREEN disepakati oleh pengurus BEM dan yang mendapakan tugas awal untuk mewujudkan lembaga penalaran di FISE, diantaranya Khusnul Aini Azizah (PKnH 2003), Agus Budi Setyawan (Pendidikan Sosiologi 2004), Rohmad Safarudin (Pendidikan Geografi 2004), Vety Faiqohimah (Pendidikan Sosiologi 2004) dan beberapa teman lain. Kemudian pada tanggal 12 April 2007 dilaksanakan launching BSO SCREEN. Tanggal itulah yang sekarang dijadikan hari lahir SCREEN.

Awalnya nama SCREEN saja yang disematkan, kemudian baru ditemukan Social Community Research and Empowerment sebagai kepanjangannya. Langkah selanjutnya menyusun landasan ideal BSO SCREEN, struktur organisasi, dan kelengkapan organisasi lainnya. Pimpinan FISE, khususnya Pembantu Dekan III yang waktu itu dijabat oleh Drs. Ekram Pawiroputro, M.Pd sangat mendukung dibentuknya BSO SCREEN.

Sebagai Badan Semi Otonom, SCREEN belum bisa mandiri sepenuhnya, BEM FISE masih bertanggung jawab atas SCREEN. Program kerja harus dikonsultasikan pada BEM, termasuk pendanaan dan laporan pertanggungjawaban yang masih menjadi satu dengan BEM.

Sejak awal dibentuknya BSO SCREEN memang sudah direncanakan untuk menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF). Ketika BSO SCREEN telah merasa mampu melangkah menjadi UKMF, maka BSO SCREEN mewacanakan akan berubah menjadi UKMF kepada pihak fakultas dan ormawa-ormawa lain maupun civitas akademika FISE. Hingga kemudian BSO SCREEN resmi menjadi UKMF SCREEN dan aktivitasnya difokuskan untuk memajukan kegiatan penalaran di lingkup FISE.

Pendiri UKMF SCREEN….

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 + 1 =


1 + 7 =