Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

Tingkatkan Budaya Menulis Karya Ilmiah melalui Diskusi Ilmiah di FIS UNY

BIM9kvrCcAAZFBR.jpg large          Pada hari Jumat tanggal 19 April 2013, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Penelitian Screen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan acara diskusi ilmiah yang bertajuk Make and Share dengan mengusung tema “Strategi  dan Tips untuk Lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pimnas 2014”. Kegiatan ini menjaring anggota-anggota aktif serta Pengurus UKMF Penelitian Screen di lingkup Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY untuk  lebih tertarik dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah sehingga mampu menghasilkan karya berupa PKM yang berkualitas. Acara ini berlangsung di halaman depan sekretariat UKMF Penelitian Screen FIS UNY.  Acara tersebut dimulai Pk 15.30 wib,  yang dihadiri oleh semua anggota dan pengurus UKMF  Penelitian Screen FIS UNY.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Asep Sumiaji dari jurusan PKNH selaku ketua UKMF Penelitian Screen FIS UNY. Acara selanjutnya, acara inti yaitu pemaparan materi oleh Sri Nuryanto S.Pd, beliau merupakan alumni mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY yang sudah berpengalaman dan mempunyai beberapa prestasi dalam bidang karya ilmiah. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan tentang trik, cara dan jurus jitu agar bisa lolos dalam pembuatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Dikti.  PKM yang disampaikannya meliputi PKM P (Penelitian), PKM K (Kewirausahaan), PKM M (Pengabdian pada Masyarakat).

Nuryanto mengatakan bahwa salah satu trik agar bisa lolos PKM yaitu sebenarnya mudah.  Pertama, ikuti aturan penulisan sesuai panduan dari penulisan PKM dari dikti. Kedua, gali ide kreatif atau cari sebuah tema yang lagi update saat ini. Ketiga, segera cari tim penulis serta cari dosen pembimbing agar secara intensif dapat membimbingnya. Acara ini berakhir Pk 17.00 wib. Adanya kegiatan diskusi ilmiah ini harapannya mampu meningkatkan kemampuan berfikir, kemampuan menulis karya ilmiah, berpikir kritis, peka terhadap lingkungan sekitar dan kemampuan meneliti dari seorang mahasiswa.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + 7 =


41 − 33 =