Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

Make and Share Part II: Tunjukkan Ide Kreatifmu

MAke And Share IIMake and share yang merupakan salah satu proker Departement KESRA ( Kesejahteraan Anggota) sudah memasuki sesi kedua, setelah yang pertama dilaksanakan pada Jumat, 19 April 2013, Make and Share yang kedua dilaksanakan pada Jumat, 03 Mei 2013 pukul 14.00 bertempat di Ruang GO2. 201 Fakultas Ilmu Sosial. Tujuan dari program ini adalah mengembangkan budaya diskusi dalam diri anggota screen, membiasakan anggota screen untuk berbicara di depan umum, memberikan kemudahan bagi anggota, jika ada  yang sebelumnya belum pernah membuat karya.

Kegiatan ini dirancang untuk anggota UKMF Penelitian Screen, baik anggota aktif maupun anggota pasif. Acara ini dihadiri 35 peserta, 18 peserta mereka adalah anggota UKMF Penelitian Screen dan 17 peserta adalah pengurus UKMF Penelitian Screen.

Acara ini didesain sederhana, dan santai. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan, sambutan disampaikan oleh Kadept KESRA. Dalam acara ini tidak dihadirkan pembicara yang memberikan materi-materi dengan ceramah tetapi acara langsung diisi dengan pelatihan pembuatan PKM, khususnya PKMM, PKMP, dan PKMK. Make and share kali ini dihadiri oleh 3 ahli yang sudah sangat mahir dalam penulisan PKM, beliau adalah Novia Harum Sholikha dari Pendidikan IPS 2009, Putri Wulan Sari  dari Pendidikan Sosiologi 2010, dan yang ketiga adalah Janu Muhammad dari Pendidikan Geografi 2013. Langkah pertama adalah penyusunan judul, pada sesi ini peserta diminta untuk membacakan judul-judul yang telah mereka siapkan sebelumnya, kemudian dilanjutkan penyampaian tips dan trik penyusunan PKM oleh Sdr. Putri Wulan Sari. Setelah itu masih berkutat pada judul, peserta diminta membuat judul PKM dan menuiskannya dipapan tulis, setelah itu dikomentari oleh Sdr. Putri Wulan Sari, dan Sdr. Novia Harum Sholikha.

Setelah kurang lebih 65 menit pembahasan mengenai judul selesai, kemudian menginjak pada langkah selanjutnya yaitu latarbelakan masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan luaran, Sdr. Putri juga menyampaikan tips-tipsnya disini. Acara berakhir pukul 16.00, diakhiri dengan kesimpulan dan beberapa pertanyaan penutup dari para peserta. Kegiatan pelatihan pembuatan PKM ini tidak berhenti dalam ruangan ini, tetapi peserta bisa datang setiap waktu ke sekretariatan UKMF Penelitian Screen untuk berbagi ilmu dan belajar bersama. Berakhirnya sesi tanya jawab tersebut menandai berakhirnya kegiatan make and share yang kedu ini. Setelah program make and share ini berjalan diharapkan anggota aktif maupun non aktif UKMF Penelitian Screen dapat membuat PKM yang lebih berkualitas, serta dapat tertanam kultur menulis dan meneliti dalam benak mereka, menulis, meneliti bukan suatu kewajiban tetapi sebuah kebutuhan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 7 =


44 + = 48