Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

UKMF SCREEN SUKSES SELENGARAKAN OPSI UNY 2013

juara opsi

Banyak hal yang sebenarnya dapat dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia. Tidak hanya terbatas pada keilmuan praktis yang langsung menyentuh aspek pembangunan saja, namun lebih jauh sisi-sisi keilmuan lain perlu dikembangkan, misalnya pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan pendidikan bisa dilakukan dengan adanya inovasi pendidikan bagi generasi muda. Melihat peluang ini, UKMF SCREEN FIS UNY yang bergerak dalam ranah penelitian menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Penelitian dan Seminar Ilmiah (OPSI) dengan tema “Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Cerdas”.

Kegiatan OPSI UNY tahun 2013 ini terlaksana pada tanggal 7 September 2013 di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIS, Ketua BEM KM UNY, Ketua UKMF SCREEN, perwakilan Ormawa FIS, perwakilan UKMF Penelitian se-UNY, guru pendamping, para finalis, dan para mahasiswa UNY. OPSI UNY untuk kali pertamanya ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bagi siswa SMA/SMK di DIY dan Jawa Tengah serta Seminar Ilmiah. Kegiatan LKTI diikuti oleh berbagai tim dan 10 finalis telah memperesentasikan karyanya di hadapan dewan juri.

Pada pembukaannya, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Prof. Dr. Adjat Sudrajat, M.Ag. menyampaikan perlunya inovasi dalam pendidikan di Indonesia agar tidak monoton dan diharapkan bisa maju seperti negara-negara tetangga Indonesia dan ini menjadi peluang generasi muda untuk mewujudkannya. Setelah acara pembukaan, seluruh finalis LKTI mempresentasikan karyanya di Ruang Cut Nyak Dien, sedangkan peserta seminar yang sebagian besar adalah mahasiswa baru peserta Student Development Program bidang Penelitan tetap berada di Ruang Ki Hajar Dewantara untuk mengikuti seminar ilmiah dengan tema “Urgensi Penelitian Ilmiah dalam Mewujudkan Pendidikan Indonesia yang Berkualitas”.

Seminar ini diisi oleh dua pakar pendidikan di UNY, yaitu Prof. Dr. C. Asri Budiningsih dari FIP dan Dr. Das Salirawati, M.Si. dari FMIPA. Kedua pembicara ini berhasil memberikan tambahan ilmu baru, khususnya tentang pentingnya penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan. Dr. Das Salirawati, M.Si. yang juga familiar sebagai pelawak berhasil mengajak peserta untuk menumbuhkan minat penelitian dengan humor khasnya.

Pada akhir acara, SMAN 2 Yogyakarta berhasil meraih juara I dan berhak memperoleh Tropy Gubernur DIY, uang pembinaan, dan sertifikat. Juara II berhasil diraih oleh tim dari SMKN 1 Yogyakarta sedangkan juara III diraih oleh tim SMAN 1 Kendal, Jawa Tengah. Kegiatan OPSI UNY tahun 2013 telah sukses dengan kerja keras seluruh panitia yang didukung oleh berbagai pihak, antara lain Pemerintah Provinsi DIY, Pemda Sleman, UNY, serta para sponsor yang telah mendukung acara ini. Atas terselenggaranya kegiatan OPSI UNY ini, besar harapan UKMF SCREEN untuk mengajak para siswa SMA/SMK ataupun mahasiswa UNY agar bersemangat dalam berkarya ilmiah, tentunya dengan meneliti dan menulis.

Kegiatan OPSI ini tidak lain mempunyai tujuan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas dan mampu memberikan inovasi pendidikan bagi Indonesia. Hal itu sesuai dengan sambutan ketua panitia di awal acara, Kholik (Pendidikan Geografi), yang berpesan agar apa yang didapatkan dalam kegiatan OPSI ini bisa bermanfaat di kemudian hari dan berguna bagi bangsa Indonesia. (Janu Muhammad)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + 9 =


10 + = 20