Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

Kunjungan Ilmiah ke UKMP Universitas Negeri Semarang

unnes

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Fakultas, UKMF Penelitian SCREEN terus berusaha meningkatkan kapasitas untuk berprestasi, berkontribusi, dan mambangun relasi.  Dinamisasi untuk terus maju yang menjadi karakter utama UKMF SCREEN semakin menjadikan ormawa ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan prestasi FIS UNY. Departemen Jaringan UKMF SCREEN yang diketuai oleh Akhsin Rustam Aji  mahasiswa IAN 2011 melaksanakan kunjungan ilmiah ke Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013 dengan diikuti oleh pengurus dan peserta magang UKMF SCREEN.

Siang hari menjelang Dzuhur rombongan UKMF Penelitian SCREEN FIS UNY tiba di UNNES. Sesampainya di sana, rombongan disambut para pengurus UKMP kemudian menuju Student Center yang merupakan pusat kegiatan mahasiswa UNNES. Dalam kesempatan tersebut, peserta kunjungan mengikuti beberapa rangkaian acara seperti ramah tamah, sambutan, perkenalan dan sharing program kerja, dan yang terakhir adalah penutup. Ketua UKMF SCREEN, Asep Sumiaji, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut yakni  untuk merangkai silaturahim dan kerja sama yang saling menguntungkan. Kunjungan disambut oleh  Ketua UKMP, Muhammad Nasrun Eko Wibowo. “Ini kali pertama FIS UNY berkunjung ke UKMP, semoga bisa terjalin relasi,” tuturnya.

Setelah ramah tamah dan perkenalan, agenda dilanjutkan dengan sharing program kerja. Para pengurus saling berdiskusi terkait penelitian, PKM, agenda selama satu tahun, dan masukan-masukan untuk kedua UKM Penelitian. “UKMF SCREEN dan UKMP mempunyai program yang hampir sama yaitu SDP Penelitian dan Sekolah Penelitian,” tutur Asep Sumiaji. Secara tidak langsung, hal ini memberikan pelajaran bahwa ranah penelitian merupakan bidang penting bagi setiap mahasiswa. Diskusi pun berlanjut hingga usai sekitar Pkl 14.00 WIB dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan.

Perjalanan dilanjutkan menuju salah satu objek wisata baru di Semarang, yaitu Kampoeng Rawa. Di Kampoeng Rawa tersebut, peserta kunjungan ilmiah disuguhi oleh pemandangan alam yang indah, berupa hamparan sawah hijau khas Ambarawa dan Rawa Pening. Peserta kunjungan ilmiah juga menikmati keindahan Rawa Pening yang sejarahnya dikenal banyak orang. Di tempat itu pula, pengurus UKMF SCREEN mengadakan Recharging Motivation (RM) sebagai refleksi hikmah dan pelajaran yang sudah didapatkan pada kunjungan ilmiah tersebut.

Kunjungan ilmiah UKMF SCREEN ke UKMP UNNES ini memberikan banyak pelajaran. Iklim penelitian yang ada di FIS UNY harus ditingkatkan, mulai dari pengurus. Bukan tanpa alasan, hanya melalui penelitian sebuah ilmu akan berkembang. Prestasi, relasi, dan kontribusi menjadi tiga kunci utama yang ingin dicapai UKMF SCREEN untuk mebangun Fakultas Ilmu Sosial UNY khususnya dan Indonesia pada umumnya melalui karya-karya yang dihasilkan. “Semoga apa yang telah didapatkan selama kunjungan ilmiah bisa diterapkan untuk kemajuan penelitian ilmu sosial serta menjadi pemacu pengurus untuk semakin berprestasi,” ungkap Akhsin Rustam Aji di akhir perjalanan. (Janu)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + 7 =


33 − 24 =