Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

DIPS ( DISKUSI ILMIAH PENGURUS SCREEN ) 3 “H – 14 PENELITIAN FIS”

Yogyakarta, 30 April 2014 berlangsung diskusi ilmiah yang rutin dilaksanakan setiap tigaminggu sekali. DIPS ini merupakan suatu kegiatan dari bidang PPSI sebagai suatu program kerjanya. Tema pada DIPS ketiga ini yaitu “ H – 14 PENELITIAN FIS “. Sebagai pembicara yaitu ketua dari UKMF SCREEN, Janu Muhammad. Beliau ini telah didanai dalam penelitian FIS pada tahun 2012 dan 2013. Penelitian yang pertama berjudul SEPEDA DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT YOGYAKARTA dan penelitian yang kedua adalah MENTORING PADA PENDIDIKAN DISMA 2 YOGYAKARTA PENGUATAN IDENTITAS MELALUI MENTORING SMADA (STUFI KRITERIA ATAS PENDIDIKAN). Janu Muhammad juga menjelaskan penelitian FIS dari bagian awal hingga akhir.

Tahun ini jumlah proposal yang didanai ada 10 dan masing – masing proposal mendapatkan biaya Rp. 1.500.000,00. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan membuat maksimal 2 proposal. Tema pada penelitian FIS yaitu “Peranan Ilmu Sosial dalam Pembangunan Bangsa” dengan sub tema yaitu;1. ilmu sosial dalam pendidikan, 2. pendidikan ilmu sosial dalam pendidikan, 3, peranan ilmu sosial dalam memecah masalah sosial, 4. good govermance. Pembicara menjelaskan mengenai sistematika penulisan proposal. Penelitian FIS ini terdiri dari dua angkatan yang berbeda.

Pengalaman – pengalaman yang telah diraih Janu Muhammad menjadi motivasi. “Carilah Informasi, bersungguh –sungguh dalam melakukan sesuatu dan mempunyai kemauan yang keras karena mahasiswa merupakan agent of change. Rentang orang dikenang yaitu karena signifikan, berperan signifikan untuk sukses yaitu dengan menulis, tinggalkan jejak sejarah terbaik di almamater, tuliskan mimpi, jadilah yang fokus, bagi waktu dalam kuliah, ikutilah organisasi dan kompetisi” tutur Janu Muhammad. Pada detik terakhir dalam diskusi ilmiah ini saudara Janu Muhammad memberikan semangat bagi kami yaitu wujudkaan mimpi raih cita – cita dan jadilah dirimu sendiri yang terinspirasi dari Anis Baswedan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + 6 =


85 − 83 =