Tingkatkan Minat Menulis dan Meneliti dalam Lomba Essay dan Seminar Nasional (Lensa) SCREEN UNY

Lomba Essay dan Seminar Nasional (Lensa) yang diselenggarakan oleh Social Community of Research and Empowerment (SCREEN) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlangsung pada tanggal 3 Oktober 2015 berjalan dengan lancar. Acara Seminar Nasional yang diadakan di Ruang Sidang Umum, dan Ruang Senat Timur Rektorat telah dihadiri oleh 189 Peserta, dimana 180 orang merupakan peserta Seminar Nasional dan 9 orang lainnya merupakan finalis dari lomba essay.

 

Dengan mengangkat tema “Pengembangan Pendidikan Melalui Budaya Meneliti”, Seminar Nasional tersebut juga dibersamai dengan pembicara-pembicara yang berkompeten di bidangnya. Pembicara tersebut antara lain, Sandi Pradana, S.Pd, koordinator Seribu Guru Ragional Yogyakarta yang mana memaparkan permasalahan pendidikan yang cukup serius di Negeri Indonesia, seperti masih rendahnya tingkat sarana dan prasarana di sekolah yang berada di regional Yogyakarta. Kemudian pembicara kedua yaitu Adi Cilik Pierewan, Ph.D, yang mana memaparkan bagaimana cara membangkitkan passion meneliti dan cara mendapatkan data-data yang reliabel serta valid guna menunjang penelitian, khususnya pada mahasiwa. Dan kemudian pembicara yang ketiga yaitu Dr. rer. soc Rangga Almahendra S.T, M.M., yang merupakan penulis kedua dari Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika memaparkan serta memberikan semangat menulis baik fiksi maupun non fiksi pada para peserta. Hal tersebut bertujuan membangkitkan jiwa menulis serta meneliti pada kalangan mahasiswa.

 

Pada bagian akhir acara tersebut pula diumumkan pemenang lomba essay yang bertemakan “Peran Peneliti Muda dalam Dunia Pendidikan Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Pemenang dalam lomba essay tersebut antara lain, Anita Tri Widiyanti dari Universitas Gajah Mada yang menempati juara tiga dengan judul “Menciptakan Kultur Sekolah Dasar Berbudaya Jawa di Tengah Krisis Kebudayaan Generasi Muda”. Kemudian juara dua ditempati oleh Muhammad Luqman Hakim dari IAIN Surakarta yang mana mengangkat judul “Meningkatkan Jiwa Enterpreneur pada Mahasiswa Melalui Metode Action Learning Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Dan juara satu ditempati oleh Abdullah Faqih dari Universitas Gajah Mada dengan judulnya “Menggapai Indonesia 2045 Melalui Re(i)novasi Pendidikan Berstandar Global”.

 

Acara Seminar Nasional tersebut ditutup dengan foto bersama pembicara Seminar Nasional. Peserta Seminar Nasional, finalis dan juara lomba essay tampak antusias berburu foto bersama pembicara Seminar Nasional, khususnya berburu foto bersama Rangga Almahendra. Panitia penyelenggarapun tak kalah antusias dalam acara foto bersama tersebut. (Rezkiyanto Imam)

Print Friendly, PDF & Email
Posted in Program Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 5 =