Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

Pengembangan Sumber Daya Pengurus (PSDP)

PSDP merupakan salah satu departemen di UKMF Penelitian SCREEN yang khusus menanganani masalah-masalah internal. Bukan hanya permasalahan saja, tetapi PSDP juga berperan dalam pengembangan SCREEN ke depannya karena berberan untuk mengkader pengurus yang dirasa memiliki kemampuan lebih dan harus dipertahankan. Jika PHPI adalah rangka yang membentuk organisasi ini, maka PSDP dianggap sebagai jiwa yang menjaga agar tubuh itu tetap dalam kondisi baik. Tahun ini, PSDP UKMF Penelitian SCREEN mengangkat jargon Solid Bersinergi, Solid Menginspirasi dengan tagar #Menginspirasi. Arti dari jargon tersebut sesuai dengan visi misi yang dicanangkan dalam periode 2017 ini. Solid berarti perlu adanya sikap saling menghormati sama lain agar terbentuk kekeluargaan yang saling bersatu. Sedangkan bersinergi berarti tidak ada lomba antardepartemen untuk periode 2017 ini. Semua departemen harus saling membantu departemen lain saat dibutuhkan. Dengan demikian, sinergitas antardepartemen akan terwujud. Terakhir adalah menginspirasi yang berarti bahwa setiap orang pasti mempunyai sifat dan keunikan masing-masing, tidak ada yang sama, dari keberagaman tersebut diharapkan mampu memberikan motivasi bagi orang lain untuk semakin bangkit, terutama berkarya.

Pada periode 2017 ini, PSDP UKMF Penelitian SCREEN diisi oleh orang-orang yang luar biasa baik dari segi motivasi, semangat berkarya dan sikap-sikapnya. Orang-orang tersebut adalah:

Nurdianta (Pendidikan Geografi 2015) selaku kepala departemen pada tahun 2017

Maya Eka Septiana (Pendidikan Geografi 2016) selaku sekretaris bidang

Ajeng Lidiasari (Ilmu Administrasi Negara 2016) selaku bendahara bidang

Asmarita Dewi Sulistyorini (Ilmu Sejarah 2016)

Mita Fatma Wati (Pendidikan IPS 2015)

Yoga Ardy Wibowo (Pendidikan Sejarah 2016)

dan Luqman Hakim (Pendidikan Geografi 2016).

Hampir sama dengan periode sebelumnya, program kerja yang diemban departemen PSDP terdapat 4 proker utama yaitu:

Rapat Kerja (Raker),

Recharging Motivation (RM),

Workshop Public Speaking and Debating Contest,

Pusat Informasi Mahasiswa FIS (PIMFIS).

Selain program kerja utama tersebut terdapat banyak program kerja yang dianggap sebagai program kerja bayangan yaitu Monitoring and Contolling yang dilakukan setiap 1 (satu) bulan sekali dengan cara menempatkan PSDP pada rapat departemen lain, kemudian menganalisis permasalahan yang ada. Selanjutnya, Greeting dan Celebrating yaitu pemberian ucapan selamat  ulang tahun pengurus serta ucapan bagi yang memenangkan lomba dan hadir dalam wisuda alumni pengurus UKMF Penelitian SCREEN. Magang juga merupakan program kerja PSDP yang tidak dicantumkan dalam matriks. Terakhir adalah Musyawarah Kerja Ilmiah SCREEN yang dilakukan pada setiap akhir periode kepengurusan. Program terakhir ini merupakan kombinasi wakil ketua dan PSDP. Dan pada setiap awal periode, kepala departemen PSDP juga diberi amanah untuk mempersiapkan Open Recruitment (Oprek) pengurus baru.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 4 =


51 − 48 =