Organisasi Kemahasiswaan FIS UNY yang bergerak dalam ranah Penelitian

PPSI (PENALARAN DAN PENGEMBANGAN STUDI ILMIAH)

PPSI merupakan kepanjangan dari Penalaran dan Pengembangan Studi Ilmiah. Divisi ini dapat dikatakan sebagai ruhnya UKMF Penelitian SCREEN FIS UNY dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang penelitian dan pengembangan agar tercipta insan kreatif, inovatif, kompetitif, serta solutif terhadap berbagai permasalahan sosial yang sedang terjadi. Tugas PPSI yaitu sebagai penggerak ataupun fasilitator dalam berkarya dan berprestasi di kalangan mahasiswa FIS pada umumnya dan anggota UKMF SCREEN pada khususnya melalui adanya diskusi dan pendampingan terkait karya ilmiah maupun penyebaran info-info lomba baik di tingkat fakultas, universitas, nasional bahkan hingga tingkat internasional.

Sebuah divisi dalam rangka mencapai dan merealisaskan tujuan tentunya harus memiliki program kerja (proker) yang relevan. Dalam hal ini, divisi PPSI memiliki 4 (empat) proker, yaitu :

  1. SPIK (Diskusi Prestasi dan Karya), merupakan kegiatan dalam bentuk diskusi dan pendampingan pembuatan karya ilmiah baik berupa essay. Karya Tulis Ilmiah, Jurnal, Artikel dan lain. Lain yang ditujukan bagi mahasiswa FIS. Proker ini memiliki tujuan :
  2. Memberikan motivasi mahasiswa untuk berprestasi dan berkarya
  3. Melatih kreativitas dan daya nalar mahasiswa
  4. Mengembangkan penalaran dan studi ilmiah mahasiswa dalam menghadapi event-event lomba
  5. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan ilmiah
  6. Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang sistematika penulisan karya ilmiah
  7. LENSA (Lomba Essay Nasional), merupakan kegiatan perlombaan sebagai sarana menuangkan ide, gagasan kreatif dan kemampuan di bidang kepenulisan dalam rangka memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang mencakup lingkungan, pendidikan, penerapan teknologi, sosial budaya, politik, hukm dan lain-lain. Lomba ini bagi mahasiswa D3 dan S1 di seluruh Indonesia.
  8. SEMNAS (Seminar Nasional), merupakan kegiatan yang bertujuan untuk
  9. Memberikan gambaran mahasiswa terkait sistematika kepenulisan
  10. Mengembangkan motivasi mahasiswa dalam bidang kepenulisan baik fiksi maupun nonfiksi
  11. Meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang kepenulisan sebagai wujud kontribusi terhadap dunia pendidikan
  12. Jelscreen (Jelajah Screen), merupakan kegiatan yang ditujukkan untuk mahasiswa baru FIS yang memilih SDP Penelitian. Kegiatan yang dilaksanakan biasanya dalam bentuk jelajah serta tiap kelompok SDP di akhir akan mempresentasikan hasil temuan dari jelajahnya tersebut. Hal ini secara tidak langsung memilki tujuan dalam rangka mengenalkan mahasiswa baru terhadap kepekaan terhadap permasalah di sekitar yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai proyek penelitian.
  13. SPC (Short Paper Contest) merupakan kegiatan pembuatan proposal penelitian yang diperutukkan untuk mahasiswa baru SDP Penelitian. Peserta SDP akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 3-5 orang yang didampingi pembimbing yang berasal dari anggota SCREEN. Tiap kelompok nantinya akan menyerahkan file dalam bentuk hard copy yang akan diseleksi untuk diambil 5 besar. Selanjutnya akan diadakan presentasi dari kelima kelompok tersebut untuk dipilih 3 terbaik.

Divisi PPSI terdiri dari kepala divisi dan 8 orang staff angkatan 2015 dan 2016 dari berbagai jurusan di Fakultas Ilmu Sosial. Adapun rincian kepengurusan divisi PPSI periode 2017-2018 adalah sebagai berikut :

  1. Yeti Nurhalimah dari PKNH 2015 sebagai Kepala Divisi
  2. Siti Nurhayati dari Pendidikan IPS 2016 sebagai sekretaris PPSI
  3. Elly Nur Rahmawati dari PKNH 2016 sebagai bendahara PPSI
  4. Reza Budi Prasetya dari Pendidikan Geografi 2016 sebagai staff PPSI
  5. Dedi Setyadi dari Pendidikan Geografi 2016 sebagai staff PPSI
  6. Nadiyah Salsa Billah dari Ilmu Administrasi Negara 2016 sebagai staff PPSI
  7. Retno Tri Suryani dari Ilmu Administrasi Negara 2016 sebagai staff PPSI
  8. Adhis Tessa dari Pendidikan Sosiologi 2016 sebagai staff PPSI
  9. Evi Handayani dari PKNH 2015 sebagai staff PPSI
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 + 6 =


8 + = 12