SEMINAR SDGs UKMF SCREEN 2017

Home  /  Program Kerja  /  SEMINAR SDGs UKMF SCREEN 2017

SEMINAR SDGs UKMF SCREEN 2017

October 3, 2017No Comments

Dalam menghadapi persaingan global yang ketat diperlukan beberapa unsur untuk memajukan Indonesia yang maju tahun 2030. Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia dan planet bumi. Dengan adanya SDGs tersebut, Indonesia dapat maju dan makmur sebagai bangsa dan negara. SDGs sebagai wujud nyata pembangunan maju dan dapat diterapkan di segala bidang. Dengan adanya pembangunan berkelanjutan semua generasi, baik generasi tua maupun generasi muda dapat meraskan hasil dan manfaatnya. Berkaitan dengan SDGs tersebut, pada tanggal 16 September 2017 UKMF Penelitian SCREEN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil mengadakan seminar dengan tema “Membangun Generasi Muda Berdaya Saing Global dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 180 peserta yang terdiri atas jenjang S1, S2 maupun tenaga pengajar yang bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Seminar nasional tersebut tidak hanya dihadiri oleh kalangan internal UNY saja, akan tetapi beberpa Universitas seperti UGM, UIN Sunan Kalijaga, UST, UAD, Poltekkes turut berpartisipasi dalam acara tersebt. Adapun Pembicara dalam seminar nasional SDGs itu adalah  sebagai berikut :

  1. Sakdiyah Ma’ruf, S.S., M.A dengan pokok bahasan Peran Generasi Muda dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030
  2. Titok Hariyanto S. IP dengan pokok bahasan “Peran Dunia Penelitian dan Pengembangan Ilmu Sosial dalam mewujukan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”
  3. Emmy Yuniarti, S. T., M.Eng dengan pokok bahasan “Peran Mahasiswa dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”

Seminar nasional tentang SDGs yang diselenggarakan oleh UKMF Penelitian SCREEN merupakan suatu program kegiatan yang diadakan untuk memberikan informasi mengenai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030 untuk kemaslahatan manusia dan planet. Dengan diadakannya seminar SDGs ini, diharapkan dapat menjadi referensi sebagai mahasiswa dalam memberikan ide tentang pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Manfaat dan tujuan diadakannya kegiatan seminar SDGs ini adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa/i menciptakan ide kreatif untuk Sustainable Development Goals(SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan 2030.
  2. Mengembangkan potensi intelektual dan daya pikir kritis mahasiswa/i terhadap situasi SDGs yang berkembang maupun problem di sekitar.
  3. Menumbuhkan jiwa berdaya saing global dengan adanya Sustainable Development Goals (SDGs)
  4. Menciptakan generasi muda yang berprestasi, produktif dan berdaya saing global sebagai wujud kontribusi dalam rangka membangun negara dan bangsa.
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 4 =


48 − 47 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.