Workshop SUG 2018 bersama Forum Litbang FIS UNY

Home  /  Informasi  /  Workshop SUG 2018 bersama Forum Litbang FIS UNY

Workshop SUG 2018 bersama Forum Litbang FIS UNY

February 17, 2018No Comments

UKMF SCREEN Bekerjasama dengan Forum Litbang Ormawa FIS Selenggarakan Workshop SUG

Student Union Grant (SUG) adalah program dari Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta untuk meningkatkan semangat berkompetisi di bidang penalaran dan penelitian. Bentuk kegiatan SUG terdiri atas pembuatan proposal penelitian baik penelitian sosial humaniora dan eksakta, seleksi proposal, pengumuman proposal penelitian didanai, seminar proposal, pelaksanaan penelitian, dan seminar hasil penelitian. Pengumpulan proposal penelitian dibuka mulai tanggal 26 Februari sampai 19 Maret 2018 di kemahasiswaan rektorat UNY. Jumlah proposal yang diterima sebanyak 30 proposal dengan setiap judul dapat mengajukan dana maksimal Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah).

Tujuan dari program SUG ini, antara lain melatih mahasiswa melaksanakan kegiatan di bidang penelitian secara inovatif dan kreatif, serta menghasilkan ide-ide baru di bidang penelitian, misalnya mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor, mengujicobakan sebuah produk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produk eksisting, mengidentifikasi senyawa kimia, menguji khasiat ekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran, survei kesehatan anak jalanan, metode pembelajaran aksara Jawa siswa di sekolah dasar, laju pertumbuhan ekonomi di sentra kerajinan Kasongan, faktor penyebab tahayul yang mewarnai perilaku masyarakat Jawa, dan berbagai isu-isu terkini yang perlu mendapat perhatian dan solusi yang inovatif.

Workshop SUG yang dilakukan oleh UKMF SCREEN dan forum litbang ormawa FIS bertujuan untuk meningkatkan kembali semangat meneliti mahasiswa fakultas ilmu sosial. Pembicara yang mengisi workshop yaitu Ibu Sukinah, M.Pd. yang merupakan dosen Pendidikan Luar Biasa FIP sekaligus juri pecan ilmiah mahasiswa dan Maulana Azkaa Salsabila mahasiswa pendidikan geografi yang menerima dana hibah penelitian SUG. Workshop dilaksanakan di Ruang Ki Hadjar Dewantara FIS pada hari Jumat pukul 13.00 WIB.

Workshop dimulai dengan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Bapak Muhammad Nur Rokhman, M.Pd. selaku wakil dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial, dilanjutkan dengan materi dari Ibu Sukinah dan Maulana Azkaa. Secara garis Ibu Sukinah menyampaikan materi tentang sistematika pembuatan proposal SUG dan tips-tips memilih judul dan teknik-teknik penelitian dan kesesuaian antara waktu dan tema yang diambil dalam penelitian. Materi dari Maulana Azkaa lebih spesifik mencari tips-tips membuat judul dimana judul dalam proposal SUG jika dibandingkan dengan proposal skripsi karena proposal skripsi terkesan kaku dan harus benar-benar sesuai dengan kaidah keilmuan. Proposal kompetisi lebih baik memilih judul yang bernilai dan dapat menarik juri. Harapan setelah mengikuti workshop ini adalah mahasiswa dapat menyalurkan ide dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.(Elhakim)

Jumat, 9 Februari 2018

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 7 =


79 − = 76