Mahasiswa, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemahasiswaan

Home  /  Program Kerja  /  Artikel  /  Mahasiswa, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemahasiswaan

Mahasiswa, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemahasiswaan

April 3, 20181 Comment


Mahasiswa adalah orang yang belajar di Perguruan tinggi, dimana iklim perguruan tinggi identik dengan berbagai macam kegiatan diluar kegiatan akademik. Sebagai seorang mahasiswa, berprestasi di bidang akademik sudah menjadi kewajiban. Seorang mahasiswa yang nantinya akan menjadi bagian dari masyarakat, tidak cukup jika hanya mengandalkan akademik. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan sudah menyiapkan berbagai macam wadah untuk membentuk mahasiswanya untuk menjadi pribadi yang siap terjun di masyarakat.

Pada dasarnya setiap perguruan tinggi memiliki satu visi yang sama di seluruh Indonesia, yaitu Tri Dharma. Tri Dharma perguruan tinggi merupakan salah satu tujuan pencapaian yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut. Setiap perguruan tinggi harus melahirkan orang yang memiliki semangat juang yang tinggi, memiliki inovasi dan solusi. Tri Dharma perguruan tinggi adalah salah satu tanggung jawab yang harus ditopang penuh oleh seluruh mahasiswa.

Mahasiswa sudah seharusnya melaksanakan Tri Dharma yaitu (1) Pendidikan dan pengajaran (2) Penelitian dan pengembangan (3) Pengabdian kepada masyarakat. Di perguruan tinggi dosen pun bertanggung jawab terhadap Tri Dharma. Dosen sebagai abdi negara sudah sepantasnya melakukan hal tersebut. Sebagai mahasiswa di Perguruan tinggi Tri Dharma dapat dilakukan dalam berbagai macam kegiatan dan dalam wadah berbagai macam organisasi yang menaunginya. Melalui organisasi mahasiswa, seorang mahasiswa dapat melatih diri dalam mengemban tanggung jawab Tri Dharma ditengah kewajiban akademik.

Salah satu wadah organisasi mahasiswa adalah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) baik ditingkat Universitas maupun tingkat fakultas. Melalui hal ini mahasiswa dapat mengamalkan Tri Dharma dengan tetap berkegiatan mengembangkan diri serta berprestasi akademiknya. Dari sebuah UKM seorang mahasiswa dapat belajar mengamalkan ketiga besar poin Tri Dharma, karena organisasi kemahasiswaan dapat mengembangkan kapasitasnya berupa aspirasi, gagasan-gagasan positif melalui kegiatan yang relevan. Oleh karena itu hendaknya setiap organisasi mampu mengorganisir terciptanya ruh Tri Dharma dalam setiap kegiatannya agar organisasi kemahasiswaan menjadikan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. (Reza Budi Prasetya)

Sumber:
Bamawa.isi.ac.id (diakses pada 3 Maret 2018 pukul 04.39)
https://usd.ac.id (diakses pada 3 Maret 2018 pukul 04.50)
https://gopena.net (diakses pada 3 Maret 2018 pukul 05.14)

4 Maret 2018

Print Friendly, PDF & Email

One Comment so far:

  1. one of the best post you shared ever… I have a lot of questions but there I can’t speak to you but I would like to talk to you…tell me how I can talk with you live and I want to share my experience with you and learn few things from you

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 7 =


38 − 30 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.